-->

Tips Belajar Kickboxing Sendiri Dengan Benar

kickboxing latihan

Apakah ingin bisa mempertahankan diri terhadap serangan atau hanya ingin bentuk tubuh yang bagus, belajar seni kickboxing akan membawa anda untuk mendapatkan hasil tersebut.

Instruktur berpengalaman dapat membantu menunjukkan teknik dan memberikan saran, serta memberikan teman bertarung, tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Ada banyak media dan sumber online yang bisa digunakan untuk membangun meningkatkan fondasi yang kokoh.

Anda bisa mempelajari dasar-dasar kickboxing tanpa peralatan apapun. Shadowboxing adalah cara yang efektif untuk berlatih pukulan, tendangan dan gerak anda.

Namun, memiliki beberapa peralatan akan membantu pelatihan anda ke tingkat berikutnya.

Untuk pelatihan, gunakanlah pakaian yang nyaman supaya mendukungan anda bisa bebas bergerak dan memungkinkan anda menjadi cepat dan tangkas.

Jika anda berencana untuk bertarung dengan lawan atau meninju tas, anda memerlukan pembungkus dan / atau sarung tangan kickboxing. Anda juga bisa menggunakan shin guards, head guards and mouth guards, strike shields jika ingin bertarung dengan lawan main anda.

Membungkus tangan memberikan dukungan dan perlindungan untuk tangan dan pergelangan tangan anda supaya tidak mudah cidera, sementara sarung tangan kickboxing memberikan perlindungan yang lebih kuat.

Tapi apa saja yang harus dilakukan untuk belajar kickboxing sendiri...


1. Pemilihan tempat berlatih

Anda bisa mempelajari dasar-dasar Kickboxing di ruang tamu anda, selama anda memiliki cukup ruang untuk melempar beberapa pukulan dan tendangan.

Bergantung pada jumlah peralatan yang anda putuskan untuk berinvestasi, anda mungkin memerlukan ruang yang lebih besar, seperti ruang bawah tanah, atau garasi.

Jika anda akan menggantungkan samsak, misalnya, pilihlah ruang dengan langit-langit yang cukup tinggi dan cukup kokoh supaya kuat untuk menggantungnya.

Jika anda berencana untuk menggunakan video untuk belajar teknik, siapkan TV, laptop, atau telepon pintar anda di daerah yang terlihat namun aman dari tendangan dan pukulan.


2. Pelajari gerakan dasar

Ada beberapa pukulan dan tendangan dasar yang penting untuk diketahui. Pelajari ini, lalu luangkan waktu untuk berlatih teknik sebelum beralih ke kombinasi yang lebih sulit.


3. Pelajari cara berdiri

Cara berdiri adalah dasar untuk semua tendangan dan pukulan yang anda miliki. Berdiri yang kuat memberikan stabilitas dan kekuatan.

Berdirilah dengan kaki yang kokoh, satu di depan, satu di belakang, dan sedikit angkat tumit kaki belakang anda.

Tutup telapak tanganmu dengan melipat jari-jari secara erat dan tempatkan ibu jari di jari telunjuk dan jari tengah..

Letakan lengan dan siku di samping tulang rusuk dan letakan genggaman tangan anda di dekat dagu, telapak tangan menghadap ke dalam.

Posisi seperti ini akan membantu mengeksekusi gerakan-gerakan berikutnya, anda juga bisa melindungi perut maupun dada dengan mudah.


4. Pelajari pukulan dasar

Melemparkan pukulan yang kuat sangat penting untuk mengalahkan lawan atau menangkis serangan. Dari perspektif kebugaran, melempar pukulan membuat otot tubuh bagian atas dan tengah bekerja, dan apabila dilakukan untuk jangka waktu yang lama, akan memberikan latihan kardio yang efektif.

Pukulan dalam kickboxing

Jab: Berdiri dengan kaki kanan anda berada di depan. Putar pinggul kanan dangan lengan kanan memutar hingga telapak tangan anda menghadap ke tanah. Untuk melempar jab dengan tangan kiri, mulailah dengan kaki kiri di depan.

Cross: Berdiri dengan kaki kanan di depan. Langkahkan kaki kiri kedepan saat memukul dan bawa bahu anda supaya kekuatan pukulan bertambah.

Hook: Berdiri dengan kaki kiri anda di depan dan bawalah tumit kaki kanan ke lantai. Putar lutut, pinggul dan bahu anda ke kanan. Perpanjang lengan anda dari tubuh anda, jaga agar siku anda mengarah ke lantai. Mulailah dengan kaki kanan anda ke depan untuk memukul dengan lengan kiri anda.

Upper cut: Dengan kaki kiri anda ke depan, lepaskan lengan kanan anda putar pinggul ke kiri. Pukulkan tangan kanan anda ke atas dengan telapak tangan menghadap ke arah anda.


5. Pelajari tendangan dasar

Otot yang besar pada tubuh bagian bawah anda akan menghasilkan banyak kekuatan. Memanfaatkan kekuatan untuk melempar tendangan dan supaya tidak mudah jatuh.

Tendangan dalam kickboxing

Front kick: Berdiri dalam posisi siap bertarung dengan kaki kiri anda maju. Tumpuan berat berada di kaki kanan anda, tarik lutut kiri setinggi dada. Tendang lurus, dan pastikan tetap lentur.

Side kick: Berdiri dengan kaki kiri anda ke depan. Putar pinggul anda ke kanan dan arahkan jari kaki sedikit keluar. Tendang kaki kiri lawan dengan kaki kanan anda, sering-seringlah latiham supaya badan seimbang.

Roundhouse: Berdiri dengan kaki kanan anda ke depan. Tekuk lutut kanan. Putar pinggul anda yang tersisa saat anda menyerang kaki seperti busur dari kanan ke kiri.


6. Pengkondisian tubuh

Gerakan ini hanya bagian dari menjadi kickboxer. Anda juga membutuhkan kekuatan, kecepatan dan stamina. Membangun kebugaran kardiovaskular dengan jogging, bersepeda atau aktivitas lain.

Membangun kekuatan dan daya tahan otot dengan rejimen pelatihan resistansi dengan atau tanpa beban. Lakukan latihan untuk semua kelompok otot utama anda dua sampai tiga kali seminggu.

Jika Anda tidak memiliki beban untuk angkat di rumah, cukup melakukan push up, pull up, squats, lunges akan membuat anda menjadi kickboxer yang lebih kuat dan lebih baik.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter