-->

5 Olahraga Mudah yang Sangat Efektif ke-seluruh Tubuh

Apa yang anda inginkan dari berolahraga? Anda mungkin menginginkan latihan yang singkat, efektif, mudah, dan menyenangkan bukan?, atau mungkin latihan yang tidak terlalu membosankan dan berefek ke semua area tubuh untuk menghemat waktu.

Jika itulah yang anda cari, ada beberapa latihan yang harus anda sertakan dalam latihan. Berikut adalah lima latihan yang efektif untuk seluruh bagian tubuh...

1. Squats

Squats bekerja hampir setiap otot di tubuh bagian bawah, termasuk glutes, paha, pinggul dan betis. Tidak hanya itu saja, jika latihan ini kita lakukan secara teratur – akan menambahkan beberapa fungsi untuk pelatihan anda.

Bagaimana cara melakukannya?
Berdiri dengan kaki terpisah dan jari kaki menghadap ke lurus ke depan atau miring sedikit (keluar).

Perlahan tekuklah lutut dan jongkok, buat pinggul kembali ke belakang sambil menjaga agar tubuh bagian atas lurus dan abs terasa tertarik.
Jaga supaya posisi lutut tetap berada di belakang jari kaki dan pastikan jari kaki dan lutut menunjukkan ke arah yang sama. Jongkoklah serendah mungkin yang anda bisa.

2. Plank

Plank adalah latihan isolasi yang digunakan di Pilates dan Yoga dan berguna untuk mengencangkan perut, bagian belakang, lengan, dan kaki.

Bagaimana cara melakukannya?
Berbaringlah di atas tikar dengan siku di lantai di samping dadamu. Doronglah tubuh anda dari lantai dan tumpukan semua berat pada kekuatan tangan.

Buatlah perut anda ikut tertarik dan jaga agar tubuh berada pada garis lurus mulai dari kepala hingga ke jari kaki. Tahanlah selama 30 sampai 60 detik dan ulangi sebanyak mungkin.

Terus tambahkan waktunya jika waktu tersebut terlalu mudah untuk anda.

3. Pushups

Push-up, seperti squat, adalah gerakan yang menggunakan hampir semua otot tubuh anda. Gerakan push up akan mengencangkan otot dada, bahu, trisep, belakang, dan perut.

Bagaimana cara melakukannya?
Mulailah dengan posisi plank, pastikan bahwa lebar tangan melebihi bahu dan kemudian seimbangkan pada jari kaki atau biasanya untuk perempuan di lutut.

Tubuh anda harus berada dalam garis lurus mulai dari kepala hingga lutut / tumit.

Perlahan tekuklah tangan dan turunkan tubuh ke alas, jagalah supaya leher tetap lurus dan buatlah hidung menyentuh alas jika anda sanggup. Dan kemudian dorong kembali ke atas hingga lengan kembali lurus.

4. Lunges

Seperti squat, lunges bekerja paling banyak otot di kaki seperti glutes, paha, pinggul dan betis

Berdiri dalam sikap split (satu kaki di depan, satu kaki berada di belakang). Tekuklah lutut dan turunkan tubuh anda menjadi posisi yang terjatuh dengan kaki bagian depan membentuk sudut 90 derajat.

Tumpu berat badan pada tumit anda, dorong kembali (perlahan!). Jangan pernah mengunci lutut anda di atas dan jangan biarkan lutut melewati jari kaki anda. Lakukan latihan ini dua hingga tiga kali per minggu untuk 12 sampai 16 repetisi.


5. Lat Pulldown

Lat pulldown bekerja terutama pada otot-punggung, yang membantu anda membakar kalori dan, tentu saja, dapat memperkuat kekuatan punggung anda.

Bagaimana cara melakukannya?
Duduklah pada mesin lat pulldown dan tahan bar dengan telapak tangan anda dan pastikan bahwa tangan anda lebih lebar dari bahu.

Tarik otot perut dan luruskan bagian belakang sedikit. Tekuk siku dan tarik bar ke arah dagumu. Lakukan latihan ini dua sampai tiga kali seminggu dengan menggunakan berat yang cukup untuk menyelesaikan 12 sampai 16 repetisi.

Jika Anda tidak memiliki akses ke gym, cobalah one arm row ( menggunakan satu barbel atau barang berat lainnya secara bergantian).

Jika memiliki jadwal yang sibuk, menggabungkan lima gerakan ini dua atau tiga kali seminggu akan membantu memperkuat otot-otot dan tulang anda, serta membakar lebih banyak kalori.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter