-->

7 Penyebab Kenapa Badan Sering Terasa Lelah

 Sering lelah
Mengapa saya selalu merasa lelah?. Kelelahan dan kurangnya energi adalah salah satu masalah besar bagi banyak orang, namun masalah ini hanya bisa ditangani jika anda mengetahui dulu apa masalahnya. Jika anda sering merasa lelah dan berkelanjutan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa kondisi tubuh anda ke dokter. Dokter anda dapat mengetahui riwayat anda, pengetesan ujian fisik, dan melakukan pengujian yang diperlukan untuk menentukan penyebab kelelahan anda tersebut.

Di artikel ini kita akan membahas masalah yang mungkin menjadi Penyebab Kenapa Badan Sering Terasa Lelah

1. Kurang tidur

Kurangnya tidur menjadi penyebab yang sering dari kelelahan kronis, kurang tidur adalah alasan yang sangat umum untuk lelahnya tubuh. Banyak orang melalui kehidupan yang terlalu tertekan atau terlalu sibuk untuk beristirahat dengan cukup.
Sementara kurangnya tidur bukanlah kondisi medis, dokter anda mungkin bisa membantu anda untuk belajar tentang cara mengurangi stres atau meresepkan obat untuk terhindar dari sulit tidur.
Hal ini membantu untuk memulai dengan menentukan kebutuhan tidur anda. Kebutuhan orang dewasa "rata-rata" sekitar delapan jam per malam, tapi hanya sedikit orang yang rata-rata.
Anda mungkin juga memiliki hutang tidur dan anda memerlukan tidur ekstra untuk mengejar ketinggalan.

2. Depresi

Depresi adalah kondisi yang diyakini menyebabkan ketidaknormalan dalam pengaturan mood yang disebut neurotransmitters pada otak.
Orang dengan depresi cenderung memiliki masalah dengan tidur dan tingkat energi. Mereka mungkin mengalami kesulitan tertidur atau terbangun saat malam hari. Beberapa orang dengan depresi juga mengalami masalah saat di pagi hari dan tidur lama.
Beberapa masalah depresi lainnya termasuk merasa sedih atau befikiran kosong, kehilangan minat dalam kegiatan yang anda sering jalani, perubahan nafsu atau berat, merasa tidak berharga atau bersalah, dan memiliki pemikiran untuk mati atau bunuh diri.

3. Anemia

Bila anda memiliki anemia, tubuh anda memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari biasanya atau tidak memiliki jumlah hemoglobin yang cukup. Hemoglobin adalah zat yang memberi sel darah merah warna, hemoglobin ini juga berfungsi dalam membawa oksigen di seluruh tubuh.
Bila anda memiliki terlalu banyak hemoglobin atau tidak cukup darah merah, tubuh anda tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga mudah merasa lelah atau lemah. Anda mungkin juga memiliki gejala seperti kulit pucat, napas yang singkat, pusing, atau sakit kepala.

4. Penyakit jantung

Penyakit jantung, terutama gagal jantung, dapat menyebabkan anda merasa lelah sepanjang waktu dan tidak dapat mentolerir latihan.
Karena gagal jantung, jantung akan kurang efektif dalam memompa darah beroksigen ke otot dan jaringan lainnya di dalam tubuh. Bahkan aktivitas sehari-hari anda yang biasa, seperti berjalan atau membawa barang belanjaan anda, bisa menjadi sulit.
Gejala penyakit jantung lainnya yang mungkin terjadi seperti nyeri dada, pusing, pingsan, dan sesak napas.
Dalam beberapa tahun terakhir ini telah dicatat bahwa gejala penyakit jantung pada wanita sering berbeda dari pada pria dan mungkin tidak terlihat, misalnya, yang menghadirkan kelelahan daripada rasa sakit dada.
Penting untuk berbicara dengan dokter tentang semua gejala anda dan juga riwayat keluarga tentang kondisi medis. Berdasarkan temuan ini, anda dan dokter mungkin memutuskan bahwa tes lebih lanjut untuk mengevaluasi jantung anda sangatlah dibutuhkan.

5. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi kronis di mana mungkin ada jeda dalam pernapasan, atau pernapasan singkat, berlangsung dari beberapa detik sampai satu menit saat seseorang sedang tidur. Jeda dan pernapasan singkat ini bisa terjadi sebanyak 30 kali semenit. Dan, setiap kali pernapasan kembali normal, seringkali mendengus atau suara tersedak, dan sangat mengganggu orang tidur.
Tidur tidak puas dan terasa buruk bisa menjadi penyebab ngantuk saat aktivitas di pagi hari.
Gejala lain sleep apnea meliputi sakit kepala di pagi hari, masalah memori, konsentrasi yang buruk, mudah tersinggung, depresi, dan sakit tenggorokan saat bangun tidur.
Sleep apnea yang tidak diobati tidak hanya menyebabkan kelelahan, namun juga bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, atau bahkan kematian mendadak.

6. Hepatitis

Hepatitis adalah radang hati dengan beberapa kemungkinan penyebabnya mulai dari infeksi hingga obesitas.
Hati memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh dari menghambat racun untuk memproduksi protein yang mengendalikan pembekuan darah, untuk metabolisme dan menyimpan karbohidrat, dan masih banyak lagi. Bila hati meradang, proses penting ini bisa berhenti.
Selain lelah, beberapa gejala yang mungkin Anda alami dengan hepatitis meliputi penyakit kuning (perubahan warna kekuningan kulit) dan sakit perut, mual, urin kuning gelap, dan tinja berwarna terang.
Tes fungsi hati mudah dilakukan di kebanyakan klinik dan dokter untuk mencari kemungkinan penyebabnya.

7. Diabetes

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakannya. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang membantu glukosa masuk ke sel tubuh yang digunakan untuk produksi energi. Ada beberapa alasan mengapa diabetes dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu.
Gejala diabetes lainnya seperti sering buang air kecil, haus yang ekstrem, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelaparan yang ekstrem, perubahan visi mendadak, mati rasa di tangan atau kaki, kulit kering, luka penyembuhan lambat atau lebih banyak infeksi daripada biasanya.
Uji gula darah sederhana dapat dilakukan di kebanyakan klinik, dan sebuah tes yang disebut hemoglobin A1C dapat membantu menentukan gula darah rata-rata anda selama tiga bulan terakhir.

Penutup

Penyebab kelelahan yang tercantum di atas cukup umum, namun ada banyak kondisi medis yang bisa mengakibatkan kelelahan. Jika anda merasa lelah dari biasanya, periksalah ke dokter.
Dia bisa mengambil riwayat termasuk riwayat keluarga anda tentang kondisi medis, melakukan ujian fisik, dan untuk mulai mencari penyebabnya.
Menemukan alasan untuk kelelahan anda tidak hanya dapat membuat perbaikan dengan perawatan namun anda juga dapat mendeteksi kondisi yang didiagnosis untuk alasan lain juga. 

demikian artikel Penyebab Kenapa Badan Sering Terasa Lelah semoga bermanfaat

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter