-->

Gerakan Dasar Pada Olahraga Beladiri Kickboxing

gerakan kickboxing
Gerakan Dasar Kickboxing - Kickboxing adalah seni bela diri berdasarkan pada tendangan dan pukulan yang dibagi menjadi dua gaya yang berbeda: Jepang dan Amerika. Meskipun istilah kickboxing biasanya mengacu pada gaya Jepang atau Amerika, kata tersebut juga membawa semua olahraga bela diri yang mengizinkan meninju dan menendang, seperti Muay Thai.

Terlepas dari gaya mana yang akan anda pilih untuk dipelajari, menguasai gerakan dasar kickboxing adalah kunci untuk maju ke langkah yang lebih tinggi lagi. Selalu praktikkan gerak kickboxing di bawah pengawasan pelatih. Berbicara soal gerakan kickboxing, apa saja sih gerakan yang ada dalam seni bela diri kickboxing ini. Untuk lebih lengkapnya baca artikel ini hingga selesai.

1. Punches/Pukulan

Kickboxing memiliki banyak variasi pukulan, masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda yang saat anda berada di ring.
Salah satu pukulan paling dasar adalah jab, pukulan cepat dan lurus ke kepala atau tubuh lawan yang digunakan untuk membuat lawan tidak kembali fokus dan anda dengan mudah menumbangkannya.
Pukulan jab ini cukup lemah, jadi gunakan jab bersamaan dengan tendangan atau pukulan lainnya, seperti right cross atau upper cut.
Letakkan berat penuh anda di belakang right cross untuk meningkatkan keefektifannya sebagai serangan balasan(counter attack).
Fighter sering gagal menggunakan gerakan dasar ini, sehingga menguasai dan mengintegrasikan upper cut dalam pertandingan jarak dekat akan memberi kejutan kepada lawan anda.

2. Kicks/Tendangan

Tendangan merupakan bagian penting dari perlawanan anda. Teknik standar tendangan adalah adalah front, roundhouse and sidekicks.
Tendangan depan (front kicks) sederhana, cepat dan serbaguna, dan anda bisa menggunakannya sebagai teknik menyerang atau teknik untuk menghentikan lawan.
Lakukan tendangan roundhouse dengan kaki satunya – kaki belakang menawarkan kekuatan yang lebih besar – menguasai tendangan ini sangat krusial untuk teknik anda.
Mungkin anda menemukan tendangan samping sulit dipelajari, tetapi sangat berguna untuk teknik menyerang atau defensif. Jika Anda mencari teknik yang lebih sulit, tumit, sabit dan tendangan belakang adalah variasi umum pada gerakan dasar ini.

3. Knee and elbow strike

Knee and elbow strikes (Serangan siku dan tumit ) umumnya hanya ditemukan di kickboxing Jepang, sebuah variasi dari akar muay thai Thailand.
Lutut anda adalah senjata yang sangat kuat untuk pertarungan jarak dekat yang digunakan untuk menyerang pangkal paha, rusuk, atau bahkan wajah lawan. Tiga tendangan lutut dasar adalah lutut depan, lutut samping dan tendangan lutut melompat.
Karena siku adalah salah satu bagian paling keras dari tubuh anda, serangan siku sangatlah membahayakan.
Seperti lutut, pukulan ini sangat cocok untuk pertempuran medium dan jarak dekat. Dua teknik dasarnya adalah serangan siku depan dan serangan siku ke bawah, keduanya digunakan untuk meninju lawan anda di kepala.

4. Sweeping (sapuan)

Penyapuan adalah cara menggunakan kaki untuk membuat lawan tidak seimbang atau bahkan jatuh ke tanah. Tidak semua gaya kickboxing mengizinkan sapuan.
Dua bentuk dasarnya adalah outside and inside foot sweeps. Eksekusi yang benar akan membuat lawan kehilangan keseimbangan.

Itulah gerakan-gerakan dasar yang ada pada kickboxing yang membuatnnya sedikit berbeda dengan olahraga-olahraga lainnya. Jika Anda hendak belajar kickboxing sendiri sebaiknya Anda baca terlebih dahulu pengenalan dasar tentang kickboxing.

Dari ke 4 gerakan dasar kickboxing tersebut, manakah gerakan yang menarik hati Anda?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter